Serba-Serbi Seputar Printer Infus yang Harus Anda Tahu

Nama printer infus mungkin tidak terdengar asing di telinga Anda. Jenis printer ini memang mendapatkan popularitas yang sangat besar. Sejak kemunculannya, bahkan printer jenis inkjet yang sempat merajai dunia percetakan harus terpukul mundur dari singgasananya. Dibandingkan tipe printer inkjet, printer infus atau printer ink tank memang memiliki sejumlah keunggulan yang menarik untuk dikuak. Tertarik untuk membeli? Ada baiknya untuk berkenalan terlebih dulu dengan produk printer terbaik jenis infus ini. 

  • Cara Kerja Printer Infus

Tentunya, Anda bertanya-tanya tentang kinerja dari printer infus. Printer ini dinilai memiliki kinerja yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jenis printer inkjet. Printer infus menggunakan tinta dengan konsistensi cair yang disalurkan lewat selang infus kecil yang menyambungkan cartridge dengan bagian mesin printer. Sistem ini disebut dengan metode CISS (Continuous Ink Supply System). Sistem tersebut memiliki arti bahwa penyaluran tinta pada printer ini berlangsung secara berkelanjutan. Ini memungkinkan printer untuk terus mengalir untuk menghasilkan warna dokumen yang tajam dan lebih efisien. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir tinta akan menjadi boros.

  • Pengisian Tinta Menjadi Lebih Mudah

Untuk jenis printer inkjet, tinta berada di bagian dalam mesin. Sehingga, saat Anda hendak melakukan pengisian ulang, perangkat tersebut harus dibongkar. Hal tersebut tentunya sangat tidak praktis. Berbeda dengan printer yang sudah mengusung sistem infus. Lokasi cartridge yang ada di bagian luar akan membantu Anda dalam memasukkan tinta ke dalam tangki cartridge. 

Masing-masing penutup cartridge dan botol tinta umumnya memiliki warna yang bisa menjadi penanda. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan memasukkan tinta ke dalam tangki yang salah. Selain itu, bentuk botol tinta akan membantu meminimalisir tinta tumpah ke luar. Pada jenis printer Canon PIXMA, pengisian tinta akan langsung berhenti secara otomatis jika cartridge sudah penuh. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir tinta akan tumpah dari tangki dan mengotori tangan.

  • Fitur Wireless yang Memudahkan Cetak Dokumen Nirkabel

Dulu, Anda harus menyambungkan perangkat hp atau tablet dan memindahkan data ke dalam laptop untuk dicetak. Akan tetapi, dengan adanya fitur wireless pada printer infus, Anda bisa melakukan pencetakan dokumen secara langsung. Beberapa jenis printer yang dimiliki Canon seperti PIXMA G6070, G3020, dan G2020 menawarkan fitur wireless yang memudahkan Anda dalam mencetak dokumen tanpa perantara kabel USB. 

Yang perlu dilakukan cukup menginstall aplikasi Canon secara gratis lewat Play Store. Aktifkan koneksi printer dengan hp melalui Wi-Fi, dan Anda bisa langsung mencetak dokumen atau foto yang diinginkan. Sangat mudah, bukan?

Demikianlah ulasan serba-serbi seputar printer infus terbaik yang menarik untuk diketahui. Dengan mengetahui fakta-fakta di atas, Anda jadi lebih bisa mengenal tentang produk printer dengan teknologi terbaru ini. Jadi, apakah Anda ingin mencoba kemudahan mencetak dan mengirimkan dokumen menggunakan printer infus?

Leave a Reply

Your email address will not be published.