Memaksiamalkan Pertumbuhan Pada Usia 2 Tahun

Perkembangan anak usia 2 tahun biasanya sudah bisa menggerakkan otot besar dan kecil secara berkesinambungan dan berurutan seperti berjalan, melompat dan menyusun balok. Beberapa kata pun sudah bisa di produksinya namun terbatas hanya pengucapan 2-3 kata sekali bicara. Kosakatanya sudah meningkat pesat sampai 300 kosakata. Meskipun ada kebiasaan kecil yang masih terbawa misal mengenyot jempol,tapi tumbuh kembang anak pada umur ini bisa dikatakan pesat. untuk orang tua atau pengasuh dari si bayi, ada beberapa tips untuk mendorong perkembangan anak usia 2 tahun. Penasaran? Berikut adalah ulasannya.

Berikan asupan gizi yang seimbang

Pemeberian gizi yang sesuai takaran merupakan salah satu ikhtiar dari pengasuhnya agar anak bisa tumbuh dengan maksimal. Terkadang anak umur 2 tahun sudah mulai mengkonsumsi makanan ringan dan siap saji. Kebiasaan itu bisa membuat anak tidak nafsu ketika memakan masakan rumahan yang bergizi. Keterampilan dari pengasuh untuk mengolah makanan yang sesuai kebutuhan gizi anak 2 tahun menjadi penting dalam hal ini.

Libatkan si kecil dalam kegiatan sehari-hari

Memberikan anak peran kecil dalam kegiatan sehari-hari bisa menstimulasi anak dalam membantu tumbuh kembangnya. Ajak anak untuk membongkar belanjaan dari pasar, ajak anak untuk turut serta dalam membersihkan tempat tidur. Pastikan berikat pujian kecil ketika anak melaksanakan tugasnya dengan benar dan bersabar ketika anak melakukan kesalahan dalam melaksanakan tugasnya.

Hindari anak dari kegiatan pasif

Dizaman yang serba instan ini bisa membuat anak menjadi pasif karena terlalu sering dalam memainkan gadget. Pengasuh anak itu sendiri hendaknya mengajak anak untuk bermain aktif dalam permaianan guna meningkatkan motorik si anak. Ajak anak untuk bermain kejar-kejaran dan menyusun balok bisa menjadi opsi dalam bagi sang pengasuh. 

Ajarkan si kecil untuk mandiri

Mengajarkan anak untuk membuka dan memakai pakaian sendiri bukan bentuk tidak sayang, melainkan tindakan sayang pengasuh yang bertujuan untuk meningkatkan stimulasi si anak untuk memaksimalkan perkembangannya di masa pertumbuhan

Berikan waktu istirahat yang cukup

Anak yang berumur 2 tahun memerlukan istirahat minimal 12 jam sampai pada 14 jam. Pastikan si anak istirahatnya cukup untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Jika kurang waktu istirahatnya, sang anak akan merasakan tidak bersemangat dalam beraktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *